Saturday, February 23, 2013

meme februari


Yeeeeeeeeeeeeyyy.... Tugas jadi pembantu sudah selesai, kesibukan tahun baru sudah berkurang, saatnya saya menjawab pertanyaan meme yang jawabannya sudah sempat saya karang-karang di kepala—tapi seperti biasa, jawaban-jawaban tersebut hilang di saat-saat paling dibutuhkan. Hahahaha... Pertanyaan meme bulan ini tentang cecintaan. #dihbahasague :P Dari tiga pertanyaan, boleh dipilih satu pertanyaan. Pertanyaan ke2 dan ke3-nya dibuat supaya teman-teman yang belum membaca keseluruhan buku Harry Potter tetap bisa menjawab. Berikut pertanyaan meme beserta jawaban saya:


Siapa pasangan (kekasih atau suami-istri) favoritmu dari keseluruhan cerita Harry Potter?

Sulit menjawab pertanyaan pertama, karena saya tidak begitu menyukai penentuan pasangan di Harry Potter. Menurut saya, tante Jo kurang asik jadi mak comblangnya. #seenaknya :D Yah, mau dikata apa? Saya nggak suka kalau dari awal saya sudah bisa menebak bahwa Harry bakal jadi sama Ginny, dan Ron bakal jadi sama Hermione. Padahal saat pertama kali baca Harry Potter saya masih umur 13 tahun dan belum pernah pacaran. Hehehe... Selain itu, saya sudah agak-agak lupa siapa saja pasangan yang sudah jadian selain Harry dan Ginny, Ron dan Hermione. Ah, benar-benar otak messi (memori singkat). XD

Untuk pasangan yang paling mengesankan seharusnya Mr. dan Mrs. Weasley, tapi mereka termasuk jenis pasangan yang “too perfect” buat saya jadikan favorit. Lagipula, sifat-sifat suami-istri dalam buku Harry Potter keseluruhannya tidak dihadapkan pada masalah keluarga yang pelik selain masalah anak, anak dan anak. Keunggulan Mr. dan Mrs. Weasley terlihat lebih menonjol jika dibandingkan pasangan Mr. dan Mrs. Malfoy atau Mr. dan Mrs. Dursley, tapi itu semua karena memang lebih banyak kehidupan Mr. dan Mrs Weasley diceritakan dibandingkan pasangan lainnya. Namun jika dilihat-lihat mereka sama-sama saling setia, sama-sama mencintai anak mereka, yang istri sama-sama ibu rumah tangga, yang suami sama-sama kepala keluarga. Hahaha... it’s too cliché.

Oh ya! Saya baru ingat. Baiklah, saya tarik kata-kata tentang tante Jo tadi. Ada satu pasangan yang saya suka dalam buku Harry Potter, yaitu Nymphadora Tonks dan Remus Lupin. Wah, kenapa dalam dua bulan ini jawaban pertanyaan meme saya berhubungan dengan Lupin ya? Hehehe.. Padahal tokoh favorit saya bukan Lupin. :D #infonggakpenting

Alasan saya memfavoritkan mereka, karena menurut saya mereka adalah pasangan paling klop sedunia Harry Potter. #lebay Lupin si manusia serigala bersanding dengan Tonks si metamorphmagus. Mereka sama-sama bisa berubah bukan? #maksa Lagipula cinta Tonks begitu besar pada Lupin yang lebih sering dijauhi dan dikucilkan, sampai-sampai bentuk patronus Tonks berubah menjadi bentuk serigala.

Sebagai manusia serigala, wajar jika Lupin mengalami dilema dalam menghadapi perasaannya. Dia juga mencintai Tonks, tapi takut keberadaannya akan membuat keadaan Tonks jadi sulit. Pada akhirnya mereka menikah  dan ketika Tonks hamil Lupin kembali diliputi kegalauan. Lupin takut jika anaknya menjadi manusia serigala seperti dirinya, namun beruntung ketakutan Lupin tidak terjadi.

Kisah cinta mereka termasuk rumit dibandingkan pasangan-pasangan lainnya di buku Harry Potter. Ditambah lagi akhir dari kisah cinta mereka adalah kematian mereka berdua yang tragis. Menjadikan kisah cinta mereka mempunyai kesan tersendiri di hati saya.

Nah, sebenarnya sih nggak perlu jawab semua pertanyaan, tapi saya terlalu cerewet untuk berhenti pada pertanyaan pertama. #ketawasetan Ini pertanyaan ke2:

Siapa sepasang sahabat yang paling kamu sukai dari keseluruhan cerita Harry Potter?

Pasangan sahabat yang paling saya suka tentu saja si kembar Weasley, Fred dan George. Mana ada lagi pasangan sahabat sekompak mereka. Hahaha... Fred dan George membuat saya ingin punya anak kembar seperti mereka. Jiakaka... #ngayal Sejak buku pertama saja Fred dan George sudah sangat mencuri perhatian dengan kelakuan yang selalu jahil. Di buku ke4 mereka mencoba masuk sebagai peserta Triwizard dengan ramuan menjadi tua. Kocak sekali kelakuan mereka. Kemudian keinginan mereka untuk membuka toko lelucon yang tercetus di buku ke4 dan akhirnya terwujud di buku ke5.

Mereka mempunyai pemikiran untuk buka usaha, seperti yang selalu ditanamkan oleh orang tua saya—terutama akhir-akhir ini. Menurut saya hal tersebut seharusnya bisa menjadi inspirasi bagi semua orang, bahwa lebih baik membuka usaha dibandingkan bekerja pada orang lain. Terbukti di buku ke6, toko mereka menjadi toko terlaris di Diagon Alley. Sedangkan ayah mereka, Mr. Weasley, pendapatan setelah bekerja di kementerian sihir bertahun-tahun tidak sebanyak pendapatan toko si kembar ini dalam waktu setahun. Keren, bukan?

Saya juga menyukai sikap optimistis mereka. Di buku ke6, saat satu telinga George putus terkena kutukan dari Snape, George menghibur ibunya dengan berkata, sekarang ibunya tidak akan sulit membedakan dia dengan Fred. Hahaha... Keren sekali ya. Tapi sayang sekali mereka harus terpisah di buku ke7. Fred meninggal. Akhir yang tragis untuk persahabatan mereka yang begitu keren. #sigh

#cough
Pertanyaan ke3 ini paling saya sukai. Hahaha.. Walaupun saya juga kesulitan menentukan jawaban dengan tepat, tapi saya suka sekali pertanyaan ini.

Play the matchmaker. Kamu bisa jadi mak comblang dua karakter di Harry Potter yang sebenarnya nggak punya hubungan khusus apa-apa, tapi kamu pengen mereka jadi kekasih atau sahabat. Jangan lupa sertakan alasannya ya, manapun pertanyaan yang kamu pilih.

Saya pernah berhasil menjadi  mak comblang dalam kehidupan nyata saya. Kakak lelaki saya menikahi salah satu teman SD saya. :D Berdasar keberhasilan saya menjadi mak comblang di dunia nyata, saya pun ingin melamar pekerjaan menjadi mak comblang di dunia Harry Potter. Doakan saya berhasil, ya.. :D

Pertama-tama saya mulai dari tokoh lelaki favorit saya di buku Harry Potter, Sirius Black. Saya ingin sekali memberikan teman hidup padanya, yang bisa menangisi kepergiannya selain Harry, tapi sulit sekali mencari tokoh seumuran Sirius yah... Yang ada Bellatrix Lestrange. Wah, dilihat dari fisik sepertinya mereka bisa cocok kalau disandingkan, tapi dilihat dari sifat-sifat mereka sepertinya justru saya sebagai mak comblang yang bakal dikutuk cruciatus sama mereka. XD Nggak jadi deh. #cariaman #melipir

Saya punya angan-angan juga memberi pendamping untuk Mad-Eye Moody. Hahaha.. Awalnya saya berpikir pada McGonagall sebagai pasangannya. Waah, tapi bisa gawat nantinya kalau mereka punya anak. Moody yang suka terlalu berhati-hati digabungkan dengan McGonagall yang super keras dan disiplin. Astaga! Saya rasa anak mereka akan seperti berada di penjara. Ah, tidak, tidak. Bisa gila nanti anak mereka. Hahaha..

Lalu ada Trelawney yang suka meramalkan yang buruk-buruk terjadi pada siapa saja. Waw.. Nampaknya Trelawney akan cocok dengan Mad-Eye Moody, cocok untuk kejadian buruk tapinya. XD Tapi dilihat dari fisik mereka yang sama-sama berpenampilan nyentrik, mereka juga cocok. Tidak akan ada pasangan yang lebih nyentrik dari mereka. X)) (Terus saya jadi ikut-ikut mengalami kejadian-kejadian buruk akibat mencomblangi mereka berdua). XP

Sambil memikirkan Trelawney yang begitu nyentrik saja bisa mendapatkan pasangan, saya juga memikirkan Mrs. Figg, tetangga Harry di Little Whinging yang dianggap Harry agak sinting namun ternyata seorang squib. Dan tentu saja Mrs. Figg yang hidup bersama kucing-kucingnya akan cocok dengan Mr. Filch yang sama-sama squib dan sama-sama hidup bersama kucingnya, Mrs. Norris. Hahaha.. Mereka akan jadi pasangan pecinta kucing sejati deh. Sayangnya mereka mempunyai sifat-sifat yang berbeda. Mrs. Figg yang penggugup, kurang percaya diri bisa ditindas sama Mr. Filch yang kejam dan penggerutu itu. Yah.. Saya lihat dulu perkembangan hubungan mereka. :P

Nah, sekarang yang benar-benar saya inginkan untuk berpasangan. Hehehe... Luna Lovegood, tokoh perempuan favorit saya dalam keseluruhan buku Harry Potter. Ah, dia sebenarnya berpasangan sama siapa sih? Saya lupa soalnya. Saya kira Luna berpasangan dengan Neville karena banyak gambar-gambar mereka di google, tapi ternyata saya salah. Memori saya yang singkat ini terkecoh oleh gambar-gambar di google. Yah, mereka berdua berpasangan tidak terlalu buruk sih, tapi saya lebih suka kalau Luna berpasangan dengan George atau Harry. Hmmm... #berpikirkeras

*****
Setelah saya mencari info ke wikipedia tentang Luna Lovegood, ternyata dia menikah dengan Rolf Scamander, cucu dari penulis buku Hewan-hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan, Newt Scamander. Tidak banyak gambaran tentang Rolf Scamander, jadi saya tetap ingin mencoba memasangkan kembali Luna dengan lelaki lain. Khukhukhu...

*****

Luna yang dikenal sebagai Loony karena pikiran dan penampilan yang cenderung aneh dan gila serta selalu mempercayai banyak hal yang tidak terbukti kebenarannya justru unik di mata saya. Awalnya saya ingin memasangkan Luna dengan George untuk menggantikan Fred, mereka bisa jadi pasangan yang gila juga menurut saya, tapi cinta tidak semudah itu datang di antara mereka. Luna dan George tidak pernah diceritakan dekat satu sama lain, yah, jadi sepertinya sulit untuk mencomblangi mereka.

Oleh karena itu saya beralih pada Harry. Saya rasa, seorang Harry yang dianggap sebagai pahlawan karena bertahan hidup dari Lord Voldemort tidak harus berpasangan dengan perempuan hebat dan populer seperti Ginny. Seharusnya Luna pun bisa menjadi pasangan yang cocok untuk Harry mengingat kesetiaan Luna terhadap Dumbledore dan Harry—orang-orang yang dianggap olehnya benar. Luna juga bukan penyihir yang tidak hebat, dia masuk asrama Ravenclaw yang berisi orang-orang pandai, hanya saja penampilannya yang seringkali menghebohkan membuat dia tidak populer. Luna adalah orang yang polos menurut saya, dia selalu mencetuskan apa adanya isi kepalanya, dan Luna juga baik, bisa menenangkan Harry di saat Harry kehilangan Sirius di buku ke5. Saya akan mulai memanahkan panah cupid berdasar dari peristiwa tersebut. Hahaha...

Harry, Luna dan Thestral
Luna menenangkan Harry saat Harry kehilangan Sirius
Luna dan Harry di pesta natal Slughorn
Harry dan Luna di menara Ravenclaw

Saya kira sudah cukup panjang jawaban saya. Sebaiknya saya undur diri sekarang. Byee...

1 comment: